Pages

Subscribe:

Labels

Selasa, 24 Januari 2012

Materi Ternak Kenari

Belum lama ini saya terima SMS dari kenalan di daerah Bandung, isi SMS tersebut “ saya mau jual seluruh Blackthroat (BT) semuanya”,   SMS-nya pendek tetapi penuh makna. Ketika saya sering berinteraksi dengan beliau saya kurang setuju dengan rencana beliau untuk merubah dari ternak kenari ke ternak balckthroat. Ketika saya komunikasikan kekurang setujuan saya mengenai penggantian materi ternak tersebut beliau ber-alasan merasa tertantang dengan ternak BT.
Karena merasa tertantang dengan ternak BT seluruh indukan kenari yang beliau punya dijual semua diganti dengan indukan BT. Sebulan, dua bulan sampai satu tahun belum ada sepasang BT pun yang berhasil menghasilkan anak sampai besar, mulai dari indukan yang susah jodoh, telor bening terakhir ada yang netas tetapi indukannya tidak merawat anaknya akibatnya mati…. Yang namanya manusia walaupun Bapak ini termasuk orang sabar dan ulet akhirnya menyerah juga. Merasa mentok akhirnya seluruh indukan BT dilelang saya tidak tahu kelanjutannya… ternyata bagi sebagian orang beternak BT membuat hati menjadi BT hehe….
Dari pengalaman senior diatas kita bisa mengambil hikmahnya yaitu ketika kita ingin mengganti indukan dengan materi lebih baik, indukan yang kita punya jangan langsung diganti. Indukan yang ada biarkan terus berproduksi.
Burung kenari termasuk makhluk hidup dimana mempunyai sifat dan karakter yang unik, agar kenari bisa beranak pinak kondisi atau lingkungan kandang ternak harus sesuai dengan keinginan indukan kenari yang akan diternak. Pengalaman saya ada indukan kenari baik jantan atapun betina yang tidak suka terhadap lawan jenis dengan warna tertentu ketika kenari disatukan berantem terus walaupun melewati proses penjodohan. Ada indukan yang tidak suka posis sarang ditempat ditempat terbuka atau sebaliknya ada indukan yang senang sarangnya ditempatkan pada tempat yang terbuka. Ada indukan yang sensitive terhadap situasi lingkungan ternak dan masih banyak kendala lainnya, yang semua itu harus dipelajari.
Semua kendala diatas harus dipahami oleh peternak, dengan memahami keinginan dari indukan kenari akan mempermudah dalam proses beternak kenari… Mungkin diantara temen-temen belum mengalami kendala yang rumit, semakin bagus kualitas indukan cobaannya akan semakin besar.. Burung kenari impor termasuk burung kenari yang manja mempunyai karakter yang aneh-aneh walaupun ada juga yang mudah diternak tetapi lebih banyak yang aneh-aneh…
Saya sering menganjurkan pada temen-temen yang sudah berhasil ternak kenari lokal untuk up-grade indukan dengan kualitas yang lebih baik… Beternak kenari dengan kualitas biasa-biasa sama repot dan biaya pemeliharaan tidak jauh berbeda dengan beternak burung kenari kualitas bagus, tetapi hasilnya jauh berbeda harga anakannya lebih tinggi. Hanya saya selalu memperingatkan dalam up-grade indukan jangan diganti sekaligus maksudnya indukan yang sudah berhasil diternak jangan di jual sampai indukan baru bisa produksi dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar